Cara kerja antena omni,grid dan yagi

cara kerja antena omni , grid dan yagi


1.  ANTENA OMNI

  • Pengertian antena omni

      Antena omni  adalah salah satu jenis antena yang menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik dengan sudut pancaran 360 derajat tegak lurus ke atas.
  • Fungsi  dari antena omni

     Fungsi lain dari antena omni yakni membentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Maka dari itu, antena ini akan efektif bila digunakan untuk sistem sambungan telepon tanpa kabel atau siaran televisi terbatas.


     Gain dari antena ini adalah dalam rentang 3-12 dBi dengan jarak jangkauan maksimal 5 kilometer. Dengan pola radiasi horizontal, maka antena ini menjangkau area yang luas namun hanya pada bagian bawah. Sementara pada bagian atasnya tidak ter-cover oleh radiasi dari antena jenis ini.




Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena Omni
Gambar antena omni



  • Cara Kerja Antena OMNI

        Antena omni lebih sering digunakan untuk keperluan memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik dalam sistem point to multipoint. Jangkauan antena ini bisa menerima dan memancarkan sinyal sejauh 1-5 km.Sinyal ini benar-benar berbentuk donat sehingga hanya menerima dan memancarkan gelombang ke daerah sekitar dalam luas area 360 derajat. Sementara itu, bagian atasnya sama sekali tidak menerima sinyal radiasi.Kekhasan lain dari antena omni ini adalah pancaran antena lebih terfokus. Hal ini menjadikannya salah satu antena paling populer untuk memancarkan dan menerima gelombang wifi. Antena omni sering pula disebut sebagai antena wifi.

2.  ANTENA GRID

  •     pengertian antena grid
    adalah sebuah barang yang berfungsi untuk menerima dan mengirim signal dat dengan sistem gelombang radio 2.4 GHZ dimana data tersebut bisa dalam bentuk internet maupun Intranet.
  • fungsi antena grid
  fungsi dari antena grid adalah menerima sekaligus mengirimkan sinyal data yang diperolehnya dengan menggunakan sistem gelombang radio. Ada dua frekuensi dari sistem gelombang radio yang digunakan pada antena ini, yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz.



Hasil gambar untuk cara kerja antena gridGambar antena grid
  • cara kerja antena grid
   Antena WiFi jenis ini mempunyai bentuk seperti jaring. Cakupan antena grid hanya searah sehingga antena jenis ini biasanya dilengkapi dengan pasangan antena yang dipasang di tempat lain atau antena pemancar sinyal. Antena tersebut diarahkan ke antena pemancar sehingga sinyal yang diterima akan lebih kuat.

3. ANTENA YAGI
  • Pengertian antena yagi
   adalah salah satu jenis antena radio atau televisi yang diciptakan oleh Hidetsugu Yagi. Antena ini bersifat direksional, yaitu menambah gain hanya pada salah satu arahnya. Sisi antena yang berada di belakang reflektor memiliki gain yang lebih kecil daripada di depan direktor.

  • fungsi  antena yagi
    fungsinya untuk menangkap/memancarkan sinyal dari arah tertentu, contohnya antena televisi.

Gambar antena yagi
  • cara kerja antena yagi
     Antena Yagi digunakan untuk menerima atau mengirim sinyal radio. Antena Yagi adalah antena direktional, artinya dia hanya dapat mengambil atau menerima sinyal pada satu arah (yaitu depan).
Antena Yagi biasanya memiliki Gain sekitar 3 – 20 dB.















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

alat kerja fiber optik dan penyambungan kabel fiber optik

SEJARAH INTERNET